Berapa Gaji TKI di Arab Saudi

Posted on

Ekasulistiyana.web.id – Apakah Anda berminat menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi? Salah satu hal yang mungkin menjadi pertimbangan adalah gaji yang akan diterima. Baik itu sebelum dan selama bekerja di sana. Yuk, cari tahu berapa gaji TKI di Arab Saudi dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk bekerja di negara tersebut.

Berapa Gaji TKI di Arab Saudi?

Berapa Gaji TKI di Arab Saudi?

Menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi adalah pilihan pekerjaan yang cukup diminati karena gaji yang ditawarkan relatif besar. Namun, berapa sebenarnya gaji yang diterima oleh para TKI di negara tersebut?

Gaji TKI Berdasarkan Pekerjaan

Gaji TKI di Arab Saudi tidak bisa disamakan karena tergantung pada jenis pekerjaan yang dijalankan. Berikut ini adalah perkiraan gaji TKI berdasarkan jenis pekerjaan:

Jenis Pekerjaan Gaji (dalam riyal Saudi)
Pekerja Rumah Tangga 900-1.500
Driver 1.200-1.800
Tukang Bangunan 1.000-1.600
Tukang Kebun 1.000-1.500
Salesman 1.500-2.500
Office Boy 800-1.200
Waiter/Waitress 1.000-1.500
Security Guard 1.200-1.500

Perlu diingat bahwa gaji di Arab Saudi dibayar dalam riyal Saudi. 1 riyal Saudi saat ini setara dengan sekitar Rp3.900. Jadi, dengan menggunakan kurs ini, gaji yang tertera di atas dapat dikonversikan ke dalam rupiah.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gaji TKI di Arab Saudi

Selain jenis pekerjaan, terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi gaji TKI di Arab Saudi, antara lain:

  • Lama kerja: semakin lama bekerja, biasanya gaji akan semakin meningkat
  • Keterampilan: TKI yang memiliki keterampilan yang lebih tinggi biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih baik
  • Lokasi kerja: gaji di daerah perkotaan biasanya lebih tinggi daripada di daerah pedesaan
  • Kontrak kerja: beberapa TKI memiliki kontrak kerja yang mencakup tunjangan kesehatan, asuransi, dan akomodasi

Perbedaan Gaji Laki-Laki dan Perempuan

Sayangnya, di Arab Saudi, masih terdapat perbedaan gaji antara laki-laki dan perempuan. Menurut laporan International Labour Organization (ILO), gaji TKW (tenaga kerja wanita) di Arab Saudi rata-rata hanya 57% dari gaji TKI (tenaga kerja pria).

Bagaimana Cara Mendapatkan Pekerjaan sebagai TKI di Arab Saudi?

Untuk menjadi TKI di Arab Saudi, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki paspor yang masih berlaku, izin dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, surat rekomendasi dari lembaga pemerintah atau tempat kerja terakhir, serta lulus seleksi yang dilakukan oleh perusahaan di Arab Saudi. Biasanya, TKI di Arab Saudi diwakili oleh agen jasa penyalur tenaga kerja atau dipekerjakan langsung oleh perusahaan.

Kesimpulan

Gaji TKI di Arab Saudi bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan dan beberapa faktor lainnya seperti lama kerja, keterampilan, lokasi kerja, dan kontrak kerja. Gaji TKW di Arab Saudi masih lebih rendah daripada gaji TKI, dan untuk menjadi TKI di negara tersebut, Anda harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Gaji TKI di Arab Saudi

  • 1. Berapa besaran gaji TKI di Arab Saudi?

    Gaji TKI di Arab Saudi bervariasi tergantung jenis pekerjaan dan perusahaan tempat mereka bekerja. Namun, rata-rata gaji TKI di Arab Saudi berkisar antara 1.500 hingga 4.000 riyal (sekitar 5-13 juta rupiah) per bulan.

  • 2. Bagaimana sistem pembayaran gaji TKI di Arab Saudi?

    Sistem pembayaran gaji TKI di Arab Saudi bervariasi tergantung pada perusahaan tempat mereka bekerja. Ada yang membayar gaji secara mingguan, dua mingguan, atau bulanan.

  • 3. Apakah gaji TKI di Arab Saudi sudah termasuk tunjangan?

    Umumnya, gaji TKI di Arab Saudi belum termasuk tunjangan seperti tunjangan makan, transportasi, dan tempat tinggal. Namun, ada beberapa perusahaan yang memberikan tunjangan tersebut.

  • 4. Apakah gaji TKI di Arab Saudi sudah cukup untuk hidup layak?

    Gaji TKI di Arab Saudi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, namun belum tentu mencukupi untuk hidup layak yang lebih baik. Selain itu, biaya hidup di Arab Saudi cukup tinggi terutama di kota-kota besar seperti Riyadh dan Jeddah.

  • 5. Bagaimana cara mengetahui besaran gaji TKI untuk jenis pekerjaan tertentu di Arab Saudi?

    Untuk mengetahui besaran gaji TKI untuk jenis pekerjaan tertentu di Arab Saudi, bisa mencari informasi di situs-situs lowongan kerja atau menghubungi agen TKI yang terpercaya.

  • Berapa Gaji TKI di Arab Saudi?

    Berapa Gaji TKI di Arab Saudi?

    Apa saja jenis pekerjaan yang paling banyak diisi oleh TKI di Arab Saudi?

    TKI di Arab Saudi banyak bekerja di sektor konstruksi, perhotelan, dan rumah tangga.

    Apakah gaji TKI di Arab Saudi lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain?

    Ya, gaji TKI di Arab Saudi biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Malaysia dan Singapura.

    Berapa sebenarnya gaji TKI di Arab Saudi?

    Gaji TKI di Arab Saudi sangat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan dan pengalaman kerja. Namun, rata-rata gaji bulanan untuk pekerjaan di sektor konstruksi sekitar 1.500 hingga 2.500 Riyal Saudi (sekitar 5-8 juta rupiah). Sedangkan untuk pekerjaan di sektor rumah tangga dan perhotelan, gaji bulanan berkisar antara 800 hingga 1.500 Riyal Saudi (sekitar 2,5-5 juta rupiah).

    Apakah gaji tersebut sudah termasuk fasilitas seperti akomodasi dan makanan?

    Tergantung dari perusahaan tempat TKI bekerja. Beberapa perusahaan sudah memberikan akomodasi dan makanan secara gratis sebagai bagian dari kontrak kerja, namun ada juga yang tidak.

    Apakah ada perbedaan gaji antara laki-laki dan perempuan TKI di Arab Saudi?

    Tidak ada perbedaan gaji antara laki-laki dan perempuan TKI di Arab Saudi. Namun, kebanyakan perempuan TKI biasanya bekerja di sektor rumah tangga, yang gaji rata-ratanya memang lebih rendah dibandingkan dengan pekerjaan di sektor konstruksi atau perhotelan yang banyak diisi oleh laki-laki.

    Jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang apabila ingin bertanya lebih lanjut mengenai gaji TKI di Arab Saudi.

    Gaji TKI TKW Arab Saudi 2021 – 2022 Ternyata Segini || Syarat Menjadi TKI | Video

    Gravatar Image
    Saya Eka Sulistiyana, seorang penulis blog pendidikan yang percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan. Dalam tulisan-tulisan saya, saya berbagi informasi tentang berbagai topik pendidikan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *