Model-model Pembelajaran Kurikulum 2013

Model pembelajaran Kurikulum 2013 adalah sebuah model yang didasarkan pada filosofi pendidikan yang disebut pendidikan abad ke-21. Model ini didasarkan pada beberapa pendekatan baru dalam pembelajaran, seperti pembelajaran berdasarkan keterampilan, pembelajaran kolaboratif, dan pembelajaran aktif. …

Model pembelajaran Kurikulum 2013 adalah sebuah model yang didasarkan pada filosofi pendidikan yang disebut pendidikan abad ke-21. Model ini didasarkan pada beberapa pendekatan baru dalam pembelajaran, seperti pembelajaran berdasarkan keterampilan, pembelajaran kolaboratif, dan pembelajaran aktif.

Model ini didesain untuk membantu siswa belajar dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi persaingan global. Model ini menekankan pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif, dan pembelajaran berbasis teknologi.

Model ini juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan pembelajaran dan keterampilan sosial. Model ini juga memberikan siswa kesempatan untuk berlatih.


Model-model Pembelajaran Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 di Indonesia mengadopsi beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Beberapa model pembelajaran yang digunakan dalam Kurikulum 2013 adalah:

  1. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) : model pembelajaran ini menitikberatkan pada kerja sama antar siswa dalam kelompok belajar.
  2. Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) : model ini mengintegrasikan materi pelajaran dengan situasi atau konteks yang sesuai dengan kehidupan siswa.
  3. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) : model pembelajaran ini menitikberatkan pada proses siswa belajar dengan melakukan proyek-proyek yang berkaitan dengan materi pelajaran.
  4. Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry-based Learning) : model pembelajaran ini menitikberatkan pada proses siswa belajar dengan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam proses pembelajaran.
  5. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Model pembelajaran ini menitikberatkan pada pemecahan masalah yang ditemukan dalam konteks yang relevan dengan materi pelajaran yang diajarkan.

Semua model pembelajaran ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran.