Berapa Sih Gaji Tentara? – Fakta Menarik yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

Ekasulistiyana.web.id – Bagi sebagian orang, menjadi seorang tentara merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Selain dapat memperjuangkan negara, tentara juga mendapatkan berbagai fasilitas dan tunjangan yang tidak didapatkan oleh profesi lainnya. Namun, ada satu pertanyaan yang sering muncul, yaitu berapa sih gaji tentara?

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa gaji tentara tidaklah sama untuk setiap anggota. Besar gaji yang diterima oleh seorang tentara tergantung pada pangkat, golongan, dan masa kerja yang dimilikinya. Selain gaji pokok, tentara juga mendapatkan tunjangan militer yang cukup besar.

Tips dan Trik Seputar Berapa Sih Gaji Tentara

Tips dan Trik Seputar Berapa Sih Gaji Tentara

1. Meningkatkan Pangkat

Salah satu cara untuk meningkatkan gaji sebagai tentara adalah dengan meningkatkan pangkat. Pangkat yang lebih tinggi akan membawa keuntungan finansial yang lebih besar. Oleh karena itu, penting untuk terus berusaha dan belajar agar dapat naik pangkat dengan cepat.

2. Menjadi Spesialis

Tentara yang memiliki keahlian khusus atau spesialisasi tertentu akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan tentara biasa. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan keahlian khusus agar dapat menjadi spesialis yang diakui oleh Angkatan Bersenjata.

3. Menambah Jam Kerja

Seperti pada umumnya pekerjaan lainnya, menambah jam kerja juga bisa meningkatkan gaji sebagai tentara. Tentara yang sering kali bertugas melebihi jam kerja normal akan mendapatkan tunjangan tambahan yang cukup besar. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan dan kondisi fisik agar tidak terlalu menguras tenaga.

4. Memanfaatkan Tunjangan-Tunjangan

Angkatan Bersenjata memberikan berbagai tunjangan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Beberapa tunjangan yang bisa dimanfaatkan antara lain tunjangan keluarga, tunjangan kesehatan, tunjangan perumahan, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan tunjangan-tunjangan tersebut, gaji sebagai tentara bisa lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :   Berapa Gaji Tentara yang Sudah Pensiun?

5. Menjadi Tentara Cadangan

Bagi yang tidak bisa menjadi tentara aktif karena berbagai alasan, menjadi tentara cadangan bisa menjadi alternatif yang menguntungkan. Selain bisa memberikan pengalaman dan meningkatkan kecintaan pada tanah air, menjadi tentara cadangan juga akan mendapatkan gaji yang cukup besar.

6. Mencari Pekerjaan Tambahan

Terakhir, untuk meningkatkan penghasilan sebagai tentara, bisa mencari pekerjaan tambahan di luar jam tugas. Tentara tetap harus memperhatikan aturan dan tata tertib yang berlaku, namun mencari pekerjaan tambahan bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan penghasilan dan menambah pengalaman.

Berapa Sih Gaji Tentara di Indonesia?

Berapa Sih Gaji Tentara di Indonesia?

Tentang Profesi sebagai Tentara di Indonesia

Tentara adalah salah satu profesi yang diidamkan oleh banyak orang. Selain karena tugasnya yang mulia untuk menjaga kedaulatan negara, profesi ini juga menawarkan gaji yang menarik. Namun, tahukah kamu berapa sih gaji tentara di Indonesia?

Pangkat dan Gaji Tentara di Indonesia

Gaji tentara di Indonesia berbeda-beda tergantung pada pangkatnya. Pangkat tentara di Indonesia sendiri terbagi menjadi sejumlah tingkatan, mulai dari prajurit, tamtama, sersan, letnan, kapten, mayor, letkol, kolonel, brigjen, mayor jenderal, dan jenderal.

Untuk pangkat prajurit, gaji pokok yang diterima sebesar Rp 1.486.500,- per bulan. Sementara untuk tamtama, gaji pokoknya sebesar Rp 1.678.200,- per bulan. Sedangkan untuk sersan gaji pokoknya sebesar Rp 1.821.700,- per bulan.

Untuk pangkat letnan, gaji pokok yang diterima sebesar Rp 4.218.000,- per bulan. Sementara untuk kapten, gaji pokoknya sebesar Rp 5.474.200,- per bulan. Sedangkan untuk mayor, gaji pokoknya sebesar Rp 7.580.600,- per bulan.

Untuk pangkat letkol, gaji pokok yang diterima sebesar Rp 9.027.900,- per bulan. Sementara untuk kolonel, gaji pokoknya sebesar Rp 11.583.800,- per bulan. Sedangkan untuk pangkat brigjen, gaji pokoknya sebesar Rp 14.923.000,- per bulan.

Baca Juga :   Mengungkap Fakta Gaji Tentara Terendah di Dunia pada Profesi

Untuk pangkat mayor jenderal, gaji pokok yang diterima sebesar Rp 17.625.000,- per bulan. Sementara untuk pangkat jenderal, gaji pokoknya sebesar Rp 22.554.000,- per bulan.

Tunjangan Lainnya

Selain gaji pokok, tentara juga mendapatkan sejumlah tunjangan lainnya, seperti tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, dan tunjangan lainnya. Besarannya pun berbeda-beda tergantung pada pangkat dan jabatan masing-masing.

Dengan gaji yang menarik dan sejumlah tunjangan lainnya, tentara menjadi salah satu profesi yang banyak diminati di Indonesia. Namun, tidak hanya gaji yang menarik, tetapi juga tugas mulia dalam menjaga kedaulatan negara menjadi alasan penting bagi banyak orang untuk memilih profesi ini.

FAQ: Berapa Sih Gaji Tentara?

FAQ: Berapa Sih Gaji Tentara?

Apa Itu Gaji Tentara?

Gaji tentara adalah penghasilan yang diterima oleh prajurit TNI (Tentara Nasional Indonesia) sebagai imbalan atas jasa dan pengabdian mereka dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Berapa Besar Gaji Tentara?

Besarnya gaji tentara berbeda-beda tergantung pada pangkat dan golongan yang dimiliki oleh prajurit tersebut. Berikut adalah rincian besaran gaji tentara per bulan untuk tahun 2021:

Pangkat/Golongan Gaji Pokok Tunjangan Jabatan Tunjangan Keluarga Tunjangan Kinerja Total Gaji
Prajurit Dua/Golongan I-a Rp 2.818.000 Rp 1.000.000 Rp 450.000 Rp 200.000 Rp 4.468.000
Sersan Dua/Golongan II-a Rp 3.682.000 Rp 1.000.000 Rp 450.000 Rp 200.000 Rp 5.332.000
Letnan Dua/Golongan III-a Rp 6.482.000 Rp 2.000.000 Rp 900.000 Rp 400.000 Rp 9.782.000
Kolonel/Golongan IV-a Rp 18.869.000 Rp 4.000.000 Rp 1.800.000 Rp 800.000 Rp 25.469.000

Apakah Ada Tunjangan Lain Selain Gaji?

Selain gaji pokok, prajurit TNI juga menerima tunjangan lain seperti tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja. Selain itu, ada juga tunjangan-tunjangan lain seperti tunjangan pengabdian, tunjangan khusus, dan tunjangan operasional yang diberikan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing prajurit.

Baca Juga :   Berapa Gaji Tentara di Indonesia?

Bagaimana Cara Meningkatkan Gaji di TNI?

Untuk meningkatkan gaji di TNI, prajurit dapat naik pangkat atau golongan. Naik pangkat dilakukan dengan berbagai cara seperti menyelesaikan pendidikan militer, pengalaman bertugas, dan prestasi kerja yang diakui oleh atasan. Sedangkan naik golongan dilakukan berdasarkan masa kerja dan usia prajurit.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Prajurit TNI?

Prajurit TNI memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Mereka juga bertanggung jawab untuk melindungi rakyat dan membantu dalam penanganan bencana alam serta memberikan kontribusi positif dalam pembangunan nasional.

Apakah Gaji Tentara Sudah Cukup Besar?

Gaji tentara memang tergolong cukup besar jika dibandingkan dengan gaji rata-rata di Indonesia. Namun, perlu diingat bahwa prajurit TNI juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Selain itu, mereka juga harus rela meninggalkan keluarga dan menghadapi risiko dalam menjalankan tugas
nya. Oleh karena itu, besaran gaji tentara sebanding dengan pengorbanan yang dilakukan oleh prajurit TNI.

Gravatar Image
Saya Eka Sulistiyana, seorang penulis blog pendidikan yang percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan. Dalam tulisan-tulisan saya, saya berbagi informasi tentang berbagai topik pendidikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments