Berapa Rata-rata Gaji di Karawang?

Posted on

Ekasulistiyana.web.id – Apabila kamu mencari pekerjaan di Karawang, hal penting yang perlu dipertimbangkan selain jenis pekerjaannya adalah besaran gaji yang akan diterima. Berikut ini informasi tentang berapa rata-rata gaji di Karawang untuk beberapa jenis pekerjaan.

Berapa Rata-Rata Gaji di Karawang?

Berapa Rata-Rata Gaji di Karawang?

Karawang merupakan salah satu kota industri yang terkenal di Indonesia. Karena keberhasilannya dalam mengembangkan sektor industri, banyak perusahaan yang telah membuka cabang di Karawang. Seiring dengan meningkatnya jumlah perusahaan, tentunya juga berpengaruh terhadap lapangan kerja yang tersedia dan besaran gaji yang ditawarkan.

Gaji di Industri Manufaktur

Karawang dikenal sebagai kota industri manufaktur yang mampu menarik banyak pekerja. Beberapa industri manufaktur besar di Karawang antara lain sektor otomotif, makanan dan minuman, elektronik, logistik, dan kimia. Berdasarkan survei dari Idjoel Consulting, rata-rata gaji yang ditawarkan oleh perusahaan dalam sektor industri manufaktur di Karawang adalah sebagai berikut:

Posisi Rata-Rata Gaji
Operator Pabrik Rp 4.000.000 – Rp 5.500.000
Supervisor Produksi Rp 6.000.000 – Rp 8.000.000
Quality Control Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000
Manager Produksi Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000

Dari tabel di atas bisa diketahui bahwa rata-rata gaji di industri manufaktur di Karawang cukup menjanjikan. Ada beberapa posisi yang bisa mencapai gaji di atas Rp 10.000.000.

Gaji di Sektor Pertanian

Selain sektor industri, sektor pertanian juga menjadi salah satu sektor yang ada di Karawang. Sebagai kota agraris, Karawang mampu menghasilkan berbagai jenis komoditas seperti padi, jagung, kedelai, karet, dan tebu. Namun, rata-rata gaji yang diterima oleh pekerja di sektor pertanian relatif lebih rendah dari industri manufaktur. Menurut Survei BPS, rata-rata gaji di sektor pertanian di Karawang adalah sebagai berikut:

Baca Juga :   Kisah Nyata Gaji PNS Perawat Rumah Sakit: Apa yang Harus Diketahui?
Posisi Rata-Rata Gaji
Petani Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000
Pekerja Panen Rp 2.000.000 – Rp 3.500.000
Penjaga Sawah Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000

Dari tabel di atas, terlihat bahwa rata-rata gaji di sektor pertanian di Karawang relatif lebih rendah dibandingkan industri manufaktur. Namun, tetap menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat Karawang yang ingin bekerja di sektor ini.

Gaji di Sektor Layanan

Terkadang, sektor layanan seperti toko, restoran, dan hotel juga membutuhkan tenaga kerja. Di Karawang, sektor layanan terus berkembang dengan adanya peningkatan jumlah pengunjung yang datang ke kawasan industri. Rata-rata gaji yang ditawarkan oleh perusahaan di sektor layanan di Karawang adalah sebagai berikut:

Posisi Rata-Rata Gaji
Waiter/Waitress Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000
Staff Administrasi Rp 2.500.000 – Rp 3.500.000
Housekeeping Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000
Supervisor Hotel Rp 5.000.000 – Rp 7.000.000

Dari tabel di atas, terlihat bahwa rata-rata gaji di sektor layanan di Karawang lebih rendah dibandingkan industri manufaktur. Namun, tetap menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin bekerja di sektor ini.

Kesimpulan

Berdasarkan survei yang telah dilakukan, rata-rata gaji di Karawang cukup menjanjikan terutama di sektor industri manufaktur. Ada beberapa posisi yang bisa mencapai gaji di atas Rp 10.000.000. Namun, gaji di sektor pertanian dan layanan relatif lebih rendah. Pilihan bekerja di bidang mana yang tepat tentunya tergantung pada minat, kemampuan, dan kebutuhan masing-masing individu.

Informasi Umum

Informasi Umum

Apa itu Karawang?

Karawang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Apa saja jenis pekerjaan yang ada di Karawang?

Ada berbagai jenis pekerjaan di Karawang, mulai dari sektor manufaktur, perdagangan, pertanian, hingga jasa.

Baca Juga :   Gaji Tertinggi di Indonesia Siapa

Mengapa saya perlu mengetahui rata-rata gaji di Karawang?

Mengetahui rata-rata gaji di Karawang bisa membantu kamu dalam menentukan gaji yang pantas untukmu sesuai dengan standar industri serta membantumu membuat keputusan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Rata-rata Gaji di Karawang

Rata-rata Gaji di Karawang

Berapa rata-rata gaji di Karawang?

Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata gaji di Karawang adalah sekitar Rp 5.500.000 – Rp 6.000.000 per bulan.

Apakah gaji di Karawang lebih rendah dibandingkan dengan kota besar lainnya di Indonesia?

Ya, secara umum gaji di Karawang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta atau Surabaya. Namun, hal ini juga tergantung dari jenis pekerjaan, level jabatan, serta pengalaman kerja seseorang.

Apakah gaji di Karawang masih layak untuk hidup?

Ya, meskipun rata-rata gaji di Karawang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kota besar lainnya di Indonesia, gaji ini masih dinilai layak untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di Karawang.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu dalam mempersiapkan karirmu!

Spill Gaji Perusahaan Otomotif Karawang | Video

Gravatar Image
Saya Eka Sulistiyana, seorang penulis blog pendidikan yang percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan. Dalam tulisan-tulisan saya, saya berbagi informasi tentang berbagai topik pendidikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments