Berapa Gaji Kerja di BUMN? – Info Gaji Kerja di Indonesia

Posted on

Ekasulistiyana.web.id – Bagi sebagian orang, bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi impian karena dianggap memiliki stabilitas kerja yang tinggi dan gaji yang menjanjikan. Namun, berapa sebenarnya gaji kerja di BUMN?

Perbincangan Gaji Kerja di BUMN

  • Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia memang menjadi idaman banyak orang untuk bekerja di sana. Alasannya, selain memiliki jaminan keamanan kerja yang cukup baik, gaji yang ditawarkan oleh BUMN pun tergolong lumayan.

  • Namun, berapa sebenarnya gaji yang diterima oleh pegawai BUMN? Hal ini tentu menjadi pertanyaan yang cukup menarik untuk dibahas. Pada umumnya, gaji yang diterima oleh pegawai BUMN tergantung pada banyak faktor. Mulai dari jabatan, lama bekerja, hingga kinerja yang ditunjukkan selama bekerja di sana.

  • Menurut informasi yang beredar, gaji pegawai BUMN terbagi menjadi dua yaitu gaji pokok dan tunjangan. Gaji pokok merupakan gaji yang diterima oleh pegawai setiap bulannya. Sedangkan tunjangan merupakan tambahan gaji yang diberikan oleh BUMN kepada pegawainya. Besarnya tunjangan tersebut juga bervariasi sesuai dengan jabatan dan lama bekerja.

  • Untuk jabatan pemula atau fresh graduate, gaji yang ditawarkan oleh BUMN berkisar antara Rp. 3-5 juta per bulan. Namun, jika sudah mengisi jabatan yang lebih tinggi, gaji yang diterima pun bisa mencapai Rp. 20-30 juta per bulan atau bahkan lebih.

  • Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sistem kenaikan gaji yang diterapkan oleh BUMN. Pada umumnya, BUMN menerapkan sistem kenaikan gaji berkala setiap tahunnya. Selain itu, ada pula program kenaikan gaji berdasarkan prestasi kerja yang ditunjukkan oleh pegawai selama bekerja di sana.

  • Terakhir, perlu ditekankan bahwa besarnya gaji yang diterima oleh pegawai BUMN sebaiknya tidak menjadi satu-satunya pertimbangan untuk bekerja di sana. Hal lain seperti pengalaman kerja, jaminan keamanan kerja, dan fasilitas lainnya juga harus diperhitungkan dengan baik sebelum memutuskan untuk bekerja di BUMN.

  • GAJI BUMN YANG BIKIN TAJIR 2022!! | Video

    Mengenal Gaji Kerja di BUMN

     Mengenal Gaji Kerja di BUMN

    Apa itu BUMN?

    BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah perusahaan yang dikuasai atau dimiliki oleh pemerintah Indonesia atau Badan Usaha Milik Negara Indonesia. BUMN memiliki peranan strategis dalam mendukung pembangunan nasional dan perekonomian Indonesia.

    Berapa Gaji Kerja di BUMN?

    Banyak orang beranggapan bahwa bekerja di BUMN memberikan gaji yang tinggi. Namun, faktanya gaji di BUMN tergantung pada beberapa faktor seperti pendidikan, pengalaman kerja, dan jabatan yang dipegang.

    Menurut Kementerian BUMN, gaji pegawai BUMN dibagi ke dalam beberapa golongan yaitu golongan I sampai dengan golongan VII. Pembagian golongan ini didasarkan pada tingkat pendidikan dan jabatan yang dipegang.

    Berikut adalah estimasi gaji bulanan pegawai BUMN berdasarkan golongan:

    Golongan Gaji Minimum (Rp) Gaji Maksimum (Rp)
    I 4.500.000 7.500.000
    II 6.000.000 10.000.000
    III 7.500.000 13.000.000
    IV 9.000.000 16.000.000
    V 11.000.000 19.000.000
    VI 14.000.000 24.000.000
    VII 18.000.000 32.000.000

    Estimasi gaji di atas hanya bersifat umum. Gaji pegawai BUMN bisa saja lebih besar tergantung pada beberapa faktor seperti pengalaman kerja dan prestasi yang telah dicapai.

    Apa benefit yang didapat dari bekerja di BUMN?

    Selain gaji yang menarik, bekerja di BUMN memberikan beberapa benefit seperti tunjangan kesehatan, tunjangan pendidikan untuk anak, asuransi kesehatan, dan tunjangan hari tua.

    Namun demikian, untuk menikmati seluruh benefit tersebut, karyawan harus bertahan di BUMN selama beberapa tahun lamanya. Selain itu, karyawan juga harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu untuk mendapatkan benefit tersebut.

    Bagaimana cara melamar kerja di BUMN?

    Untuk melamar kerja di BUMN, kamu bisa mengakses website rekrutmen BUMN seperti penerimaan.cpns.bumn.go.id atau melalui situs karir BUMN seperti karir.itb.ac.id/bumn.

    Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen seperti surat lamaran, CV, dan dokumen pendukung lainnya dengan lengkap dan jelas. Selain itu, pastikan juga untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh BUMN yang ingin kamu lamar.

    Kesimpulan

    Gaji kerja di BUMN bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jabatan, pendidikan, dan pengalaman kerja. Namun, bekerja di BUMN memberikan beberapa benefit seperti tunjangan kesehatan dan tunjangan hari tua. Jika kamu tertarik untuk bekerja di BUMN, pastikan untuk memenuhi persyaratan dan menyiapkan dokumen dengan baik.

    Gravatar Image
    Saya Eka Sulistiyana, seorang penulis blog pendidikan yang percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan. Dalam tulisan-tulisan saya, saya berbagi informasi tentang berbagai topik pendidikan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *