10 Usaha Koperasi Sekolah yang Menguntungkan

Posted on

Ekasulistiyana.web.id – Anda ingin melakukan usaha dengan koperasi sekolah? Koperasi sekolah memang bisa menjadi wadah bagi siswa dan guru untuk membuka usaha yang menguntungkan. Berikut adalah 10 usaha koperasi sekolah yang bisa dilakukan dengan modal awal yang relatif kecil, keuntungan yang menjanjikan, dan cara pemasaran yang efektif.

No. Nama Usaha Modal Awal Keuntungan Cara Pemasaran
1 Jualan Makanan Ringan Rp500.000,- Rp1.000.000,-/bulan Melalui kantin sekolah dan pemasaran online
2 Toko Buku Rp2.000.000,- Rp500.000,-/bulan Melalui toko fisik dan pemasaran online
3 Laundry Rp3.000.000,- Rp2.000.000,-/bulan Melalui pemasaran online dan kerjasama dengan sekolah atau asrama
4 Percetakan Rp5.000.000,- Rp3.000.000,-/bulan Melalui toko fisik dan pemasaran online
5 Travel Rp10.000.000,- Rp5.000.000,-/bulan Melalui pemasaran online dan kerjasama dengan sekolah atau asrama
6 Jasa Fotografi Rp3.000.000,- Rp2.000.000,-/bulan Melalui pemasaran online dan kerjasama dengan sekolah atau asrama
7 Jualan Souvenir Rp2.000.000,- Rp500.000,-/bulan Melalui toko fisik dan pemasaran online
8 Jualan Alat Tulis Kantor Rp1.500.000,- Rp1.000.000,-/bulan Melalui toko fisik dan pemasaran online
9 Jualan Perlengkapan Komputer Rp6.000.000,- Rp2.000.000,-/bulan Melalui toko fisik dan pemasaran online
10 Les Privat Biaya pengadaan materi dan honor guru Rp1.500.000,-/bulan Melalui pemasaran online dan kerjasama dengan sekolah atau asrama

Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa usaha koperasi sekolah bisa dilakukan dengan modal awal yang relatif kecil dan keuntungan yang menjanjikan. Cara pemasaran yang efektif juga bisa dilakukan melalui toko fisik dan pemasaran online, maupun kerjasama dengan sekolah atau asrama. Dengan membuka usaha koperasi sekolah, siswa dan guru bisa memanfaatkan potensi pasar yang ada di lingkungan sekolah dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi siswa yang tertarik dengan dunia usaha.

Usaha Apa Saja yang Dapat Dilakukan oleh Koperasi Sekolah?

Koperasi sekolah merupakan salah satu bentuk koperasi yang bergerak dalam bidang pendidikan. Tujuan koperasi sekolah adalah memperkuat dan memberdayakan masyarakat sekolah dalam mengembangkan usaha ekonomi yang menguntungkan bagi anggota koperasi dan sekolah. Usaha yang dilakukan oleh koperasi sekolah memiliki beragam jenis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan anggota koperasi. Berikut adalah beberapa usaha yang dapat dilakukan oleh koperasi sekolah:

  • Penjualan alat tulis dan buku pelajaran

  • Penjualan makanan dan minuman

  • Jasa fotokopi

  • Penjualan seragam sekolah

  • Penjualan produk kerajinan tangan siswa

  • Jasa laundry

  • Penyewaan lapangan olahraga

  • Penjualan jasa cetak kaos

  • Penjualan pulsa dan voucher internet

Usaha-usaha di atas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk koperasi sekolah. Namun, sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha tertentu, koperasi sekolah perlu melakukan studi kelayakan terlebih dahulu. Studi kelayakan tersebut mencakup analisis pasar, analisis keuangan, dan analisis teknis.

KOPERASI SEKOLAH | Video

5 Usaha Kreatif yang Bisa Dilakukan oleh Koperasi Sekolah

5 Usaha Kreatif yang Bisa Dilakukan oleh Koperasi Sekolah

Pendahuluan

Koperasi Sekolah adalah badan usaha yang berada di bawah naungan sekolah dan dijalankan oleh siswa-siswa atau orang tua siswa. Koperasi sekolah berperan dalam menjual berbagai jenis barang kebutuhan sekolah atau keperluan sehari-hari siswa. Namun, koperasi sekolah juga dapat melakukan usaha kreatif untuk meningkatkan keuntungan dan memberikan pengalaman belajar bagi anggota koperasi.

Usaha Kreatif yang Bisa Dilakukan oleh Koperasi Sekolah

1. Penjualan Merchandise Sekolah

Merchandise sekolah seperti kaos, topi, pulpen, dan aksesoris lainnya bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan bagi koperasi sekolah. Selain itu, merchandise sekolah juga dapat menjadi sarana promosi sekolah yang efektif.

2. Menyediakan Jasa Cetak

Koperasi sekolah dapat menyediakan jasa cetak dokumen bagi siswa, guru, dan staf sekolah. Hal ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi koperasi sekolah dan memudahkan anggota sekolah dalam mencetak dokumen.

3. Penjualan Makanan dan Minuman Sehat

Koperasi sekolah dapat menjual makanan dan minuman sehat seperti jus buah, roti gandum, dan salad. Selain memberikan pengalaman belajar tentang kesehatan, usaha ini juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi koperasi sekolah.

4. Menyewakan Alat Pesta

Koperasi sekolah dapat menyewakan berbagai alat pesta seperti tenda, meja, kursi, dan perlengkapan pesta lainnya. Usaha ini dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi koperasi sekolah, terutama pada hari-hari besar seperti perayaan ulang tahun sekolah atau acara akhir tahun.

5. Menjadi Penyedia Jasa Transportasi

Koperasi sekolah dapat menjadi penyedia jasa transportasi bagi siswa yang membutuhkan. Misalnya, koperasi sekolah dapat menyewakan bus atau van untuk keperluan sekolah seperti studi banding atau kunjungan industri. Hal ini bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan bagi koperasi sekolah.

Kesimpulan

Koperasi sekolah dapat melakukan berbagai usaha kreatif untuk meningkatkan pengalaman belajar anggota koperasi dan memberikan sumber penghasilan tambahan bagi sekolah. Dengan menjalankan usaha kreatif tersebut, koperasi sekolah dapat menjadi lebih berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi anggota koperasi dan sekolah.

Gravatar Image
Saya Eka Sulistiyana, seorang penulis blog pendidikan yang percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan. Dalam tulisan-tulisan saya, saya berbagi informasi tentang berbagai topik pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *