Berapa Sih Gaji Guru Honorer yang Menarik?

Posted on

Ekasulistiyana.web.id – Guru honorer merupakan jenis guru yang gajinya tidak diatur oleh pemerintah dan bersifat tidak tetap. Maka dari itu, besaran gaji yang diterima bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing institusi pendidikan. Namun, bagaimana sebenarnya besaran gaji guru honorer di Indonesia?

Berapa Sih Gaji Guru Honorer yang Sebenarnya?

Berapa Sih Gaji Guru Honorer yang Sebenarnya?

Saat ini, Indonesia masih banyak mengandalkan guru honorer untuk mengisi kekurangan guru yang dibutuhkan di sekolah-sekolah. Guru honorer adalah guru yang bekerja tanpa memiliki status sebagai PNS atau CPNS, dan mendapatkan gaji sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati antara guru honorer dan sekolah.

Namun, banyak juga yang bertanya-tanya, berapa sih sebenarnya gaji yang diterima oleh guru honorer? Apakah gaji mereka mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari?

Gaji Guru Honorer di Berbagai Daerah

Gaji guru honorer dapat berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Berikut adalah tabel gaji guru honorer di beberapa daerah:

Daerah Gaji Guru Honorer
Jakarta Rp 2,6 juta – Rp 3,6 juta
Bandung Rp 1,5 juta – Rp 2,5 juta
Surabaya Rp 2,2 juta – Rp 3,8 juta
Medan Rp 1,5 juta – Rp 2,5 juta

Perlu diperhatikan bahwa gaji tersebut dapat berubah tergantung dari kesepakatan antara guru honorer dan sekolah tempat mereka mengajar.

Faktor yang Mempengaruhi Besaran Gaji Guru Honorer

Beberapa faktor yang mempengaruhi besaran gaji guru honorer antara lain:

  1. Pendidikan
  2. Guru honorer yang memiliki pendidikan lebih tinggi biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan guru honorer yang hanya memiliki pendidikan SMA atau yang lebih rendah.

  3. Pengalaman Kerja
  4. Guru honorer yang sudah memiliki pengalaman mengajar yang cukup lama biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan guru honorer yang baru memulai mengajar.

  5. Daerah Tempat Mengajar
  6. Gaji guru honorer dapat bervariasi di setiap daerah, seperti sudah dijelaskan pada tabel di atas. Hal ini karena biaya hidup di setiap daerah berbeda-beda.

  7. Ukuran Sekolah
  8. Sekolah yang lebih besar biasanya memberikan gaji yang lebih tinggi kepada guru honorer dibandingkan dengan sekolah yang lebih kecil.

  9. Kepemilikan Sertifikasi
  10. Guru honorer yang memiliki sertifikasi pendidik yang diakui oleh Kemendikbud akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan guru honorer yang tidak memiliki sertifikat.

Kondisi Aktual Gaji Guru Honorer di Indonesia

Meskipun gaji guru honorer di setiap daerah berbeda-beda, namun pada umumnya gaji guru honorer masih terbilang rendah. Sebuah survei yang dilakukan oleh Tempo.co pada 2019 menunjukkan bahwa rata-rata gaji guru honorer di seluruh Indonesia hanya sekitar Rp 1,5 juta – Rp 3 juta per bulan.

Gaji yang rendah ini tentunya menjadi masalah serius bagi para guru honorer. Mereka sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan juga kesulitan untuk mengembangkan diri secara profesional.

Kesimpulan

Jadi, berapa sih sebenarnya gaji guru honorer di Indonesia? Jawabannya dapat bervariasi tergantung dari daerah tempat guru honorer mengajar. Namun, pada umumnya gaji yang diterima oleh guru honorer masih terbilang rendah dan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Ini menjadi salah satu permasalahan yang harus segera diatasi oleh pemerintah agar para guru honorer dapat bekerja dengan tenang dan memiliki penghasilan yang layak.

FAQs Berapa sih gaji guru honorer

FAQs Berapa sih gaji guru honorer

1. Apakah gaji guru honorer sama untuk semua wilayah di Indonesia?

Tidak. Besaran gaji guru honorer dapat berbeda-beda tergantung pada wilayah dan jenis sekolah yang diajarinya.

2. Apa saja faktor yang memengaruhi besar kecilnya gaji guru honorer?

Faktor yang memengaruhi besaran gaji guru honorer antara lain kualifikasi pendidikan, masa kerja, dan jenis sekolah yang diajarinya.

3. Apakah gaji guru honorer sudah sesuai dengan standar kebutuhan hidup?

Tidak. Besaran gaji guru honorer yang saat ini diberikan masih jauh di bawah standar kebutuhan hidup di Indonesia. Banyak guru honorer yang bahkan masih berstatus sebagai pekerja miskin.

4. Bagaimana cara meningkatkan besaran gaji guru honorer?

Cara meningkatkan besaran gaji guru honorer antara lain dengan memperjuangkan hak-hak tenaga honorer melalui lembaga-lembaga yang mengurus bidang pendidikan, seperti serikat pekerja dan organisasi profesi guru. Selain itu, pemerintah juga dapat memberikan alokasi dana yang cukup untuk kebutuhan pendidikan, termasuk untuk upah guru honorer.

5. Apa yang dapat dilakukan guru honorer untuk meningkatkan kesejahteraannya?

Guru honorer dapat meningkatkan kesejahteraannya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya. Selain itu, guru honorer juga dapat bergabung dengan organisasi-organisasi profesi guru yang ada, agar dapat saling mendukung dan memperjuangkan hak-haknya sebagai tenaga honorer.

Jangan menyerah menjadi guru honorer, terus perjuangkan hak-hakmu!

Gaji Guru Indonesia Bagai Langit dan Bumi | Video

Gravatar Image
Saya Eka Sulistiyana, seorang penulis blog pendidikan yang percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan. Dalam tulisan-tulisan saya, saya berbagi informasi tentang berbagai topik pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *