Berapa Jam Satpam Bekerja? Simak Penjelasannya di Sini!

Posted on

Ekasulistiyana.web.id – Apakah kamu pernah bertanya-tanya berapa jam satpam bekerja setiap harinya? Satpam merupakan profesi yang bertanggung jawab menjaga keamanan dan keselamatan di suatu tempat, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, atau tempat-tempat umum lainnya. Namun, jam kerja satpam tidak selalu sama di setiap tempat. Ada tempat yang memiliki jam kerja yang cukup panjang, sementara ada juga yang lebih singkat.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jam kerja satpam di Indonesia, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu peraturan yang mengatur jam kerja satpam. Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 01/Men/1985 tentang Satuan Pengamanan (Satpam), jam kerja satpam diatur selama 8 jam dalam sehari dan 40 jam dalam seminggu. Jadi, setiap satpam seharusnya bekerja selama 8 jam dalam sehari dan 40 jam dalam seminggu.

Namun, aturan tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari tempat kerja satpam. Ada beberapa tempat yang menerapkan jam kerja yang lebih panjang dari aturan yang telah ditetapkan, sementara ada juga yang lebih singkat. Selain itu, ada juga tempat kerja satpam yang memberikan jadwal kerja yang tidak teratur, seperti bekerja selama 12 jam pada hari kerja tertentu, dan libur pada hari lainnya.

Jadi, berapa jam satpam bekerja setiap harinya? Secara umum, jam kerja satpam di Indonesia adalah selama 8 jam dalam sehari dan 40 jam dalam seminggu. Namun, aturan tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari tempat kerja satpam. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk menjadi satpam, pastikan kamu mengetahui jam kerja yang berlaku di tempat kerja tersebut.

Tips dan Trik Seputar Jam Kerja Satpam

Tips dan Trik Seputar Jam Kerja Satpam

1. Mengetahui Jam Kerja Satpam

Satpam adalah profesi yang telah banyak diakui pentingnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di suatu lingkungan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjadi satpam, sebaiknya kamu mengetahui jam kerja yang berlaku di perusahaan atau lingkungan tempat kamu bekerja.

2. Menjaga Kesehatan Fisik

Jam kerja yang panjang dan tugas yang berat tentu akan mempengaruhi kesehatan fisik satpam. Oleh karena itu, penting bagi satpam untuk menjaga kesehatan fisiknya dengan melakukan olahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan yang sehat.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental juga menjadi hal yang penting bagi satpam. Karena tugas yang diemban oleh satpam sering kali memerlukan kewaspadaan yang tinggi dalam jangka waktu yang lama, maka penting bagi satpam untuk melakukan relaksasi dan menghindari stres.

4. Mempersiapkan Diri Secara Mental dan Fisik

Sebelum memulai jam kerja, penting bagi satpam untuk mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Hal ini akan membantu satpam untuk menghadapi tugas dengan lebih baik dan meminimalkan risiko kecelakaan saat bekerja.

5. Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja

Sebagai satpam, kamu tidak hanya berhubungan dengan orang-orang di lingkungan tempat kamu bekerja, tetapi juga dengan rekan kerja lainnya, seperti petugas keamanan lainnya atau manajemen perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga komunikasi yang baik dengan rekan kerja agar dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

6. Menghindari Kebiasaan Buruk

Menghindari kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi alkohol menjadi hal yang penting bagi satpam. Hal ini akan membantu satpam untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Selain itu, perusahaan atau lingkungan tempat satpam bekerja biasanya memiliki aturan yang melarang penggunaan narkoba atau alkohol saat bekerja.

7. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Menjadi satpam bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, penting bagi satpam untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya agar dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik. Kamu dapat mengikuti pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan kerja.

8. Mengelola Waktu dengan Baik

Satpam biasanya memiliki jam kerja yang panjang dan tugas yang berat. Oleh karena itu, penting bagi satpam untuk mengelola waktu dengan baik agar dapat menyelesaikan tugas dengan efektif dan efisien. Kamu dapat membuat jadwal kerja atau to-do list untuk membantu mengatur waktu dengan lebih baik.

Berapa Jam Satpam Bekerja?

Berapa Jam Satpam Bekerja?

Peran Satpam

Satuan Pengamanan atau yang lebih dikenal dengan satpam merupakan salah satu profesi yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan suatu tempat atau bangunan. Tugas utama satpam adalah melakukan pengamanan, pengawasan, dan pengendalian terhadap suatu obyek atau area yang dijaganya.

Jam Kerja Satpam

Setiap satpam memiliki jam kerja yang berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang mempekerjakannya. Namun, secara umum jam kerja satpam adalah 8 jam per hari atau 48 jam dalam seminggu. Namun, ada juga perusahaan yang menerapkan sistem shift atau bergilir dalam jam kerja satpam.

Pengertian Shift Kerja Satpam

Shift kerja satpam adalah sistem kerja yang mengatur waktu kerja satpam dengan cara membagi jam kerja menjadi beberapa shift. Shift kerja ini biasanya dibagi menjadi 3 shift yaitu shift pagi, shift siang, dan shift malam. Masing-masing shift memiliki jam kerja yang berbeda-beda dan bergantian di antara para satpam.

Jam Kerja Satpam di Malam Hari

Salah satu shift kerja satpam yang paling berat adalah shift malam. Pada shift ini, satpam harus mampu menjaga keamanan dan keselamatan di malam hari yang cenderung lebih rawan terjadi kejahatan. Jam kerja satpam pada shift malam biasanya dimulai dari jam 22:00 hingga 06:00 pagi. Namun, jam kerja ini juga bisa berbeda-beda tergantung dari perusahaan tempat satpam bekerja.

Jam Kerja Satpam di Hari Libur

Sebagian besar perusahaan memberikan hari libur pada hari Sabtu dan Minggu, namun hal ini tidak berlaku untuk satpam. Satpam tetap harus bekerja di hari libur dan bahkan mungkin akan lebih sibuk karena jumlah pengunjung atau karyawan yang berkurang. Jam kerja satpam di hari libur biasanya sama dengan jam kerja pada hari kerja biasa.

Berapa Jam Satpam Bekerja?

Berapa Jam Satpam Bekerja?

Satpam atau security guard merupakan profesi yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di suatu tempat. Namun, banyak yang masih bertanya-tanya berapa jam satpam bekerja dalam sehari?

Berapa jam kerja satpam dalam sehari?

Jam kerja satpam dalam sehari bervariasi tergantung pada perusahaan atau tempat yang mempekerjakan. Namun, pada umumnya satpam bekerja selama 8 jam dalam sehari.

Bagaimana dengan satpam yang bekerja di mal atau pusat perbelanjaan?

Satpam yang bekerja di mal atau pusat perbelanjaan biasanya bekerja selama 12 jam dalam sehari. Hal ini dikarenakan pusat perbelanjaan buka dari pagi hingga malam hari.

Apakah satpam bekerja dalam sistem shift?

Ya, satpam bekerja dalam sistem shift seperti halnya pekerja pada umumnya. Shift kerja satpam dibagi menjadi pagi, siang, dan malam.

Berapa hari kerja satpam dalam seminggu?

Jumlah hari kerja satpam dalam seminggu juga bervariasi tergantung pada perusahaan atau tempat yang mempekerjakan. Namun, pada umumnya satpam bekerja selama 6 hari dalam seminggu dengan 1 hari libur.

Bagaimana dengan jam lembur satpam?

Jam lembur satpam juga bervariasi tergantung pada perusahaan atau tempat yang mempekerjakan. Namun, pada umumnya satpam akan mendapatkan tambahan gaji jika bekerja melebihi jam
kerja normal.

Apakah jam kerja satpam dapat berubah-ubah?

Ya, jam kerja satpam dapat berubah-ubah tergantung pada kebutuhan perusahaan atau tempat yang mempekerjakan. Satpam juga dapat diminta untuk bekerja pada hari libur atau cuti bersama.

Demikianlah penjelasan mengenai berapa jam satpam bekerja dalam sehari. Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Saya Eka Sulistiyana, seorang penulis blog pendidikan yang percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan. Dalam tulisan-tulisan saya, saya berbagi informasi tentang berbagai topik pendidikan