Berapa Hari Jam Kerja PNS? – Jam Kerja PNS di Indonesia

Posted on

Ekasulistiyana.web.id – Jam kerja PNS di Indonesia menjadi salah satu perhatian masyarakat dalam menilai kinerja PNS yang bertugas di kantor pemerintahan. Namun, sebelum menilai kinerja PNS, perlu diketahui terlebih dahulu berapa jam kerja PNS di Indonesia.

Peraturan Jam Kerja PNS

  • Jam kerja PNS diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Pada Pasal 4 disebutkan bahwa jam kerja PNS yang diperbolehkan adalah 7 (tujuh) jam dalam sehari dan 35 (tiga puluh lima) jam dalam seminggu.

  • Jam kerja PNS biasanya dimulai pada pukul 08.00 atau 08.30 dan berakhir pada pukul 16.00 atau 16.30. Namun, jam kerja PNS dapat berbeda-beda tergantung pada daerah atau instansi tempat bekerja.

  • Selain itu, jam kerja PNS juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan kantor atau tugas yang diberikan. Misalnya, pada saat terjadi keadaan darurat atau tugas yang memerlukan waktu lebih lama.

  • Perlu diketahui bahwa jam kerja PNS bukanlah waktu yang harus dihabiskan di kantor. PNS dapat melakukan tugas di luar kantor seperti tugas dinas atau tugas lapangan yang berhubungan dengan pekerjaannya.

  • Untuk jam kerja PNS di bulan Ramadan, jam kerja dapat disesuaikan dengan jadwal Salat Tarawih dan waktu berbuka puasa. Hal ini diatur dalam Surat Edaran Menteri PANRB Nomor B/2365/M.SM.01.00/2019 tentang Penyesuaian Jadwal Kerja PNS pada Bulan Ramadan Tahun 1440 H/2019 M.

SEMAKIN DIMANJAKAN, Jokowi Ubah Jam Kerja PNS, Durasi Lebih Singkat tapi Gaji Meningkat | Video

Berapa Hari Jam Kerja PNS?

Berapa Hari Jam Kerja PNS?

Apa itu PNS?

PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah sebutan untuk pegawai yang bekerja di instansi pemerintah baik pusat maupun daerah.

Berapa lama jam kerja PNS dalam seminggu?

Jam kerja PNS dalam seminggu adalah 40 jam kerja yang tersebar dalam 5 hari kerja, yaitu Senin hingga Jumat.

Bagaimana dengan jam istirahatnya?

Jam istirahat untuk PNS adalah selama 1 jam yang biasanya dilakukan pada jam makan siang atau dapat diatur sesuai dengan kebutuhan instansi tempat PNS bekerja.

Apakah ada perbedaan jam kerja PNS di daerah dengan di pusat?

Tidak ada perbedaan dalam jam kerja PNS antara di daerah dan di pusat. Keduanya sama-sama bekerja 40 jam kerja dalam seminggu.

Bagaimana dengan lembur atau kerja di hari libur?

PNS yang melakukan lembur atau bekerja di hari libur akan mendapatkan penggantian berupa uang lembur atau pengganti hari libur yang harus disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di masing-masing instansi.

Bagaimana jika PNS tidak masuk kerja pada hari kerja?

Jika PNS tidak masuk kerja pada hari kerja tanpa alasan yang sah, maka PNS tersebut dapat dikenai sanksi yang dapat berupa pemotongan gaji atau bahkan pemecatan.

Apakah jam kerja PNS dapat diatur oleh PNS tersebut?

Jam kerja PNS sudah diatur dalam aturan yang berlaku dan tidak dapat diatur oleh PNS tersebut. Namun, instansi tempat PNS bekerja dapat memberikan fleksibilitas pada jam kerja PNS dengan tetap mengikuti aturan yang berlaku.

Apakah jam kerja PNS dapat berubah dari 5 hari kerja menjadi 6 atau 7 hari kerja?

Jam kerja PNS yang diatur adalah 40 jam dalam seminggu yang tersebar dalam 5 hari kerja. Tidak ada aturan yang memperbolehkan jam kerja PNS menjadi 6 atau 7 hari kerja dalam seminggu.

Bagaimana jika PNS bekerja dalam sistem shift?

PNS yang bekerja dalam sistem shift tetap harus menyelesaikan jam kerjanya selama 40 jam dalam seminggu. Instansi tempat PNS bekerja juga wajib menyediakan fasilitas yang memadai untuk PNS yang bekerja dalam sistem shift.

Apakah jam kerja PNS berdasarkan aturan kontrak kerja atau perjanjian kerja?

Jam kerja PNS diatur berdasarkan aturan yang berlaku di masing-masing instansi dan diatur dalam peraturan perundang-undangan. PNS tidak memiliki kontrak kerja atau perjanjian kerja yang terpisah dengan aturan yang berlaku.

Bagaimana dengan libur nasional dan cuti tahunan PNS?

PNS akan mendapatkan libur nasional sesuai dengan keputusan pemerintah. Sedangkan, cuti tahunan PNS diatur dalam aturan yang berlaku dengan masa cuti yang tergantung pada lama kerja PNS tersebut.

Gravatar Image
Saya Eka Sulistiyana, seorang penulis blog pendidikan yang percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan. Dalam tulisan-tulisan saya, saya berbagi informasi tentang berbagai topik pendidikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments