Berapa Gaji Guru SD Honorer? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Posted on

Ekasulistiyana.web.id – Guru SD merupakan salah satu profesi yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Namun, tidak semua guru SD memiliki status sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Ada juga guru SD honorer yang merupakan tenaga kerja dengan status kontrak. Mereka tidak memiliki hak dan tunjangan yang sama dengan PNS. Pertanyaannya, berapa gaji guru SD honorer di Indonesia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

No Jenjang Pendidikan Besaran Gaji
1 D1 Rp. 2.500.000
2 D2 Rp. 2.750.000
3 D3 Rp. 3.000.000
4 S1 Rp. 3.500.000
5 S2 Rp. 4.000.000
6 S3 Rp. 4.500.000

Berdasarkan tabel di atas, dapat diketahui bahwa besaran gaji guru SD honorer berbeda-beda tergantung dari jenjang pendidikan yang dimiliki. Harga yang di tawarkan juga berbeda-beda tergantung dari kebijakan sekolah atau pemerintah daerah. Namun, rata-rata besaran gaji guru SD honorer sekitar Rp. 3.000.000 – Rp. 4.500.000 per bulan.

Gaji Guru SD Honorer

  • Gaji guru SD honorer menjadi perdebatan hangat di Indonesia. Meski pemerintah telah menetapkan gaji pokok untuk guru honorer, namun masih banyak guru honorer yang merasa bahwa gaji yang mereka terima masih sangat rendah.

  • Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.05/2012 Pasal 5, guru honorer SD diakui memiliki status sebagai pegawai non-PNS dengan gaji maksimal Rp1,5 juta per bulan. Namun, gaji tersebut masih menjadi perdebatan karena dianggap terlalu rendah.

  • Tentu saja, gaji guru honorer tidak bisa dibandingkan dengan gaji guru PNS yang memiliki gaji pokok Rp2,1 juta hingga Rp5,6 juta per bulan, tergantung pada jabatan dan masa kerja. Bahkan, ada guru honorer yang mengaku hanya menerima gaji sekitar Rp500 ribu hingga Rp1 juta per bulan.

  • Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan mengingat guru honorer memiliki tugas yang sama dengan guru PNS, yaitu mendidik dan mengajar anak-anak Indonesia agar menjadi generasi yang cerdas dan berbudi pekerti.

  • Banyak pihak yang menyoroti rendahnya gaji guru honorer karena hal ini juga berdampak pada kualitas pendidikan di Indonesia. Kualitas pendidikan yang buruk akan berdampak pada masa depan bangsa dan negara. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan gaji guru honorer agar mereka bisa memenuhi kebutuhan hidup dan memastikan kualitas pendidikan tetap terjaga dengan baik.

  • Selain itu, pemerintah juga perlu lebih memperhatikan guru honorer dengan memberikan fasilitas dan jaminan kesejahteraan yang setara dengan guru PNS. Kondisi ini akan membantu meningkatkan motivasi dan semangat guru honorer dalam melaksanakan tugasnya.

  • Secara keseluruhan, gaji guru SD honorer memang masih menjadi perdebatan karena dianggap terlalu rendah. Namun, pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

  • GAJI HONORER 2023 SETELAH 28 NOVEMBER | Video

    FAQ: Berapa Gaji Guru SD Honorer?

    FAQ: Berapa Gaji Guru SD Honorer?

    Definisi Guru SD Honorer

    Guru SD honorer adalah guru yang bekerja di sekolah dasar, tetapi memiliki status kerja tidak tetap. Mereka bukanlah pegawai negeri dan tidak memiliki hak-hak yang sama seperti guru tetap yang diangkat oleh pemerintah. Sebagai ganti, mereka menerima gaji yang lebih rendah dan tidak mendapatkan jaminan sosial.

    Bagaimana Gaji Guru SD Honorer Ditentukan?

    Gaji guru SD honorer didasarkan pada kesepakatan antara pihak sekolah dan guru honorer. Namun, pada umumnya gaji yang diterima oleh guru honorer jauh lebih rendah dibandingkan dengan gaji guru tetap.

    Seberapa Rendahkah Gaji Guru SD Honorer?

    Gaji guru SD honorer bervariasi tergantung pada wilayah tempat mereka bekerja. Pada umumnya, gaji yang diterima berkisar antara 500.000 hingga 1.500.000 rupiah per bulan. Gaji ini tentu saja jauh lebih rendah dibandingkan dengan gaji guru tetap yang bisa mencapai 6-10 juta rupiah per bulan.

    Apakah Ada Upaya Pemerintah untuk Meningkatkan Gaji Guru SD Honorer?

    Pemerintah telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru SD honorer, misalnya dengan memberikan insentif dan tunjangan tertentu. Namun, upaya ini masih terbatas dan tidak signifikan untuk meningkatkan gaji guru honorer secara substansial.

    Apakah Ada Solusi untuk Masalah Gaji Guru SD Honorer?

    Solusi jangka pendek yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan insentif dan tunjangan yang lebih besar kepada guru SD honorer. Namun, solusi jangka panjang yang lebih baik adalah dengan mengangkat guru honorer menjadi pegawai negeri. Dengan begitu, mereka akan memiliki hak-hak yang sama seperti guru tetap dan menerima gaji yang lebih layak.

    Kesimpulan

    Gaji guru SD honorer yang rendah adalah masalah yang serius yang harus segera diatasi. Pemerintah perlu melakukan tindakan nyata untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer dan memberikan mereka hak-hak yang sama seperti guru tetap. Hal ini akan memperbaiki kondisi guru honorer yang selama ini tidak mendapatkan jaminan sosial dan tidak memiliki gaji yang layak.

    Gravatar Image
    Saya Eka Sulistiyana, seorang penulis blog pendidikan yang percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan. Dalam tulisan-tulisan saya, saya berbagi informasi tentang berbagai topik pendidikan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *