Apa yang Dimaksud dengan Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah wilayah yang memiliki ketinggian lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah di sekitarnya. Biasanya dianggap sebagai wilayah yang berada di atas ketinggian 1000 meter dpl (dari permukaan laut). Dataran tinggi memiliki iklim yang lebih …

Dataran tinggi adalah wilayah yang memiliki ketinggian lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah di sekitarnya. Biasanya dianggap sebagai wilayah yang berada di atas ketinggian 1000 meter dpl (dari permukaan laut). Dataran tinggi memiliki iklim yang lebih dingin dibandingkan dengan wilayah di bawahnya dan seringkali ditumbuhi oleh vegetasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan wilayah dataran rendah. Dataran tinggi juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai wilayah pariwisata dan aktivitas olahraga outdoor seperti hiking dan skiing.

Dataran tinggi adalah wilayah yang memiliki ketinggian lebih tinggi daripada dataran rendah di sekitarnya. Wilayah ini umumnya memiliki iklim yang lebih dingin dan lebih keras. Biasanya, garis pemisah antara dataran tinggi dan rendah adalah jalur pegunungan. Contohnya, dataran tinggi Tibet, dataran tinggi Himalaya, dataran tinggi Atlas, dan dataran tinggi Andes.