Apa saja syarat jadi tentara?

Posted on

Menjadi tentara adalah panggilan yang mulia dan berani. Sebagai tentara, Anda harus siap menjalankan tugas-tugas yang berat untuk melindungi dan mempertahankan NKRI. Jika Anda ingin menjadi tentara, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia;
Untuk menjadi tentara, Anda harus merupakan warga negara Indonesia. Anda harus memiliki KTP dan Kartu Keluarga untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar warga negara Indonesia.

2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
Selain menjadi warga negara Indonesia, Anda juga harus beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ini penting untuk menjaga semangat dan motivasi Anda sebagai tentara.

3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945;
Selain beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Anda juga harus setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945. Ini penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki semangat yang kuat untuk melindungi dan mempertahankan NKRI.

4. Berusia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Dikma;
Selain itu, Anda harus berusia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Dikma. Ini penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki kondisi fisik yang baik untuk menjalankan tugas-tugas sebagai tentara.

5. Sehat jasmani dan rohani termasuk tidak pernah terlibat dalam tindak kejahatan;
Selain itu, Anda juga harus sehat jasmani dan rohani termasuk tidak pernah terlibat dalam tindak kejahatan. Ini penting untuk memastikan bahwa Anda dapat menjalankan tugas-tugas dengan baik dan aman.

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi tentara. Jika Anda memenuhi semua persyaratan tersebut, Anda dapat mengikuti tes untuk menjadi tentara. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri Anda dengan baik dan berlatih dengan keras agar Anda dapat lulus tes tersebut. Selamat berjuang!

Gravatar Image
Saya Eka Sulistiyana, seorang penulis blog pendidikan yang percaya bahwa pengetahuan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan. Dalam tulisan-tulisan saya, saya berbagi informasi tentang berbagai topik pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *